Binaragawati Ifa WP Tantang Dirinya Raih Prestasi Di Kancah Internasional.
25/04/2017
Dikirim Perbafi Ikut Ajang Battle Freaks II, Indah Widyastuti : Do my best !!
25/04/2017
Show all

Mentarina Sembiring Dari Karateka Menjadi Binaragawati

PERBAFI.COM, Setiap orang pasti senang dan bangga jika dirinya dijadikan sebagai sumber inspirasi terhadap hal-hal yang baik dan positif oleh orang-orang yang mengenalnya. Hal yang sama pun dirasakan oleh binaragawati Mentarina Sembiring.

Sebab, di luar dugaannya, kebiasaannya berolahraga yang membuatnya sehat dan terlihat bugar serta awet muda ternyata telah menjadi inspirasi bagi para kliennya.

“Setiap kali saya bertemu klien apalagi klien-klien lama saya yang sudah lebih setahun tidak bertemu. Mereka bilang saya berubah banyak. Dan perubahan yang terjadi pada saya membuat mereka bertanya-tanya. Karena tadinya mereka mengenal saya dengan kondisi tubuh gemuk,” ungkap Mentarina yang sehari-hari berprofesi sebagai marketing properti real estate.

“Mereka juga terheran-heran karena tidak menyangka di usia saya yang sudah 38 tahun, masih bugar dan sehat seperti orang berumur 20-an, dibandingkan orang-orang seumuran saya,” tutur wanita yang memiliki hobi bernyanyi, bermain gitar, baca puisi dan olahraga ini.

“Saya jelaskan aktifitas rutin saya di body building, dan banyak dari mereka yang terinspirasi untuk mulai berolahraga. Apalagi saat mereka bertanya usia saya, mereka terheran-heran karena tidak menyangka diusia sy yang sudah 38 tahun, masih bugar dan sehat seperti orang berumur 20an tahun, dibandingkan orang-orang seumuran saya,” imbuhnya.

Multi Talen

Sejak masih usia belia, Mentarina memang sudah gandrung berolahraga. Dan seiring bertambahnya usia, niatnya berolahraga tidak hanya sekadar ‘cari keringat’ namun lebih dari itu, dia juga mengusung ambisi positif dan tekad untuk bisa memberikan sumbangsih prestasi yang dapat mengharumkan nama daerah dan negaranya di pentas olahraga.

Mentarina mengawali karirnya sebagai atlet di cabang olahraga karate. Pemegang sabuk Dan 1 ini semasa aktif sering menjadi juara di sejumlah kejuaraan karate yang diikutinya kurun waktu 1998 sampai dengan 2004.

Torehan prestasi gemilang yang pernah diukir Mentarina sebagai karateka, antara lain, meraih emas kelas kumite 60+ dalam Kejuaraan Karate BKC antar cabang se-Indonesia, pada Oktober 1999. Peringkat ketiga kelas kumite 60+ dalam Kejuaraan Karate Walikota Cup Bandung pada September 2002. Peringkat ketiga kelas bebas putri dalam Kejurcab BKC Kota Bandung pada 2002.

Mentarina ternyata tak hanya gandrung berolahraga tetapi dia juga multi talen. Terbukti dia juga mampu menguasai cabang olahraga lain dan berprestasi. Saat masih duduk di Sekolah Dasar, Mentarina sering ikut lomba di cabang lain, semisal mengikuti kejuaraan bulutangkis membela SDN Kotaraja Papua. Beranjak ke tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), dia berhasil membuat sekolahnya SMPN 1 Cikeruh, Jatinanagor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat dengan mempersembahkan emas dari cabor atletik nomor tolak peluru. Begitu juga saat di SMU, Mentarina ikut bergabung dalam tim basket membela sekolahnya SMUN 10 Bandung di ajang kejuaraan antar sekolah.

Dari Karateka Menjadi Binaragawati

Karena satu dan lain hal, Mentarina akhirnya memutuskan ‘pensiun’ sebagai karateka. Dia pun ‘banting setir’ menjadi binaragawati.

“Kenapa saya memilih olahraga ini, karena jiwa dan hasrat saya dr kecil ada dibidang ini, yaitu olahraga,” beber Mentarina.

Kontes Berry Collection Bodyfit Challenge 2, di One Belpark Mall, Fatmawati, Jakarta yang berlangsung pada 23 Oktober 2016 menjadi debut Mentarina di pentas binaragawati nasional. Dilanjutkan dengan tampil di Kemal Trophy Championship II, pada 11 Desember 2016 di GOR POPKI Cibubur, Jakarta.

Meski tergolong muka baru di pentas binaragawati nasional, namun Mentarina sudah mampu berbicara banyak di ajang ini. Dia berhasil meraih peringkat kelima di nomor Kat Women Sport Model dan menempati peringkat keempat di nomor .Kat Women Fitness.

Berkat kesungguhannya dalam berlatih, prestasi Mentarina semakin meningkat. Dia berhasil meraih peringkat kedua di nomor Kat Women Model Physique dalam ajang Mr. Indonesia Semarang, yang berlangsung Hall UTC Hotel Semarang, pada 11 Februari 2017.
Kemudian meraih peringkat kedua di nomor Kat Women Fitness Model pada ajang Sasak Open, di Sasak Gym Cianjur, Jawa Barat, pada 19 Februari 2017. Meraih peringkat empat di nomor Kat Women Model Physique di ajang
Adya Novali Classic 2017, di hotel Harris Sumarecon Bekasi, pada 8 April 2017.

Debut Internasional

Saat ini, Mentarina sedang mempersiapkan diri berlaga di Kejuaraan Battle of Freaks II di Malaysia yang akan berlangsung pada 6 Mei mendatang. Ini adalah debut internasional Mentarina.

Sejalan dengan keinginannya untuk bisa meraih hasil terbaik, Sejak tiga bulan lalu Mentarina sudah melakukan diet dan latihan intensif dua kali sehari.

“Pagi latihan cardio 30 sampai 40 menit, kemudian latihan perut.
Sorenya latihan otot besar, otot kecil kemudian cardio 30 sampai dengan 45 menit,” paparnya.

“Seminggu sekali saya ikut kelas aerobic (body language dan zumba) supaya ada variasi latihan dan menghilangkan jenuh,” imbuhnya.

Mentarina berharap bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia terutama membanggakan keluarga.

“Saya ingin membuktikan konsistensi dan komitmen di dunia olahraga (khususnya body building). Memberikan inspirasi untuk para wanita bahwa di body building wanita tetap menarik dan semakin sehat, karena di sinilah seninya, kita sendiri yang menentukan tujuan yang mau diraih. Soal otot besar kita sendiri yang mengatur, karena banyak hal yang membuat otot ukurannya besar, seperti asupan protein, pola latihan (keras/intensifnya latihan dalam 1 kali latihan, berat beban) dan yang utama hormon,” tutur Mentarina.

“Hormon wanita lebih dominan adalah estrogen, jadi tidak akan mudah membesarkan otot seperti kaum pria, dibutuhkan proses yang lama dan usaha yang 3 sampai dengan 5 kali lebih keras dari kaum pria. Bermain natural dengan diet teratur dan latihan intensif, itulah yang saya lakukan selama ini,” tambahnya.

Mentarina tidak menafikan kalau dirinya juga senang karena bisa memiliki bentuk tubuh yang ideal dan terlihat awet muda berkat rajin olahraga khususnya body building.

“Sehat itu utama, bentuk tubuh bagus dan awet muda itu bonusnya,” tandasnya.

Share This: